Desa Wisata Colo

Desa Wisata Colo

     Desa Colo, secara administrasi merupakan sebuah desa di Kecamatan Dawe Kabupaten Kudus yang sudah sejak lama terkenal dengan wisata religinya yaitu makam Kangjeng Sunan Muria. Desa Wisata Colo, merupakan sebuah Rintisan Desa Wisata yang mulai dirintis pada tahun 2012, bersama dengan 10 Desa Wisata lainnya yang ada di Kabupaten Kudus. Dengan segala potensi yang dimiliki desa wisata colo memulai untuk mengembangkan wisata selain religi sebagai bentuk apresiasi masyarakat terhadap segala potensi yang dimiliki.

     Di jaman yang semakin modern dan penuh persaingan seperti saat ini, menjadikan individu penuh dengan kegiatan dan rutinitas yang membosankan dan tingkat stres yang tinggi. Keindahan dan kesejukan alam pegunungan, ketenangan jiwa ketika mendengarkan musik tradisional ataupun nyanyian burung menjadi sebuah pengalaman yang sangat langka dan mahal. Di Desa Wisata Colo anda tidak hanya akan berwisata religi/berziarah, tetapi dengan menghabiskan banyak waktu di Desa Wisata Colo anda akan dapat mengexplorasi keunikan dan pesona Desa Wisata Colo. Di sini anda bisa melakukan tracking untuk menikmati indahnya pegunungan muria sambil menyusuri kebun kopi yang sudah ada semenjak jaman belanda atau abad 18. Selain itu pengunjung bisa  belajar membatik, dipandu oleh instruktur yang profesional.
 

     Dengan kuliner khas nasi pecel pakis dan lainnya, anda dapat memulai pagi anda untuk menjelajahi pesona Desa Wisata Colo. Kiranya tidak akan lengkap tanpa ditemani secangkir kopi khas gunung muria "Wilhelmina" yang akan menghilangkan rasa haus dan sedikit menghangatkan badan ketika dinginnya udara pagi pegunungan muria menyentuh kulit. Siang harinya anda bisa memulai hunting bermacam-macam buah segar atau olahan yang ada di Desa Wisata Colo.

     Satu hari tidak akan cukup untuk menjelajahi Desa Wisata Colo. Bagi wisatawan yang ingin melanjutkan untuk mengexplorasi keunikan dan pesona Desa Wisata Colo atau hanya sekedar ingin menikati bermalam dengan suasana pedesaan anda dapat bermalam di hotel Graha Muria atau di Homestay setempat. Jika ingin suasana yang lebih menantang dengan suasana hutan, anda dapat berkemah di Camping Ground yang sudah tersedia lengkap dengan fasilitas outdoor game dan outbound.

     Sepulang dari Desa Wisata Colo, anda tak perlu khawatir tentang cinderamata. Anda bisa banyak menghabiskan uang anda untuk berbelanja berbagai macam suvenir yang berjajar dikanan kiri jalan sepanjang jalur ke makam Sunan Muria. Mulai dari pakaian, aksesories, buku kerajinan kayu dan yang lainnya dapat anda jumpai di sepanjang jalan ini. Namun yang terpenting dari semua ini adalah, anda akan pulang dengan meninggalkan segala penat serta kejenuhan dan membawa kenangan indah, ketenangan hati, fikiran yang semakin kreatif dan pulang dengan perasaan bahagia.

 

Komentar