Pantai Iboih

Pantai Iboih

       Pantai Iboih (baca:Iboh) merupakan salah satu dari beberapa pantai yang menjadi primadona bagi kalangan komunitas backpacker di Pulau Weh. Pantai ini juga menjadi salah satu tujuan para wisatawan dari berbagai belahan dunia. Tidak heran jika saat berkunjung ke pantai ini, kebanyakan didominasi oleh para wisatawan mancanegara yang menetap hingga berminggu-minggu. Pantai Iboih sebenarnya bernama "Teupin Layeu", tetapi oleh para wisatawan dan masyarakat setempat lebih dikenal dengan nama Pantai Iboih. Pantai Iboih menawarkan segala keindahan bawah laut yang bisa dinikmati bahkan tanpa harus berenang sekalipun.

       Banyak sekali para wisatawan yang menyatakan keindahan Pantai Iboih ini, hutan lindung Iboih memiliki garis pantai yang menawan dengan pasir berwarna keemasan dan batuan besar bersusun yang membentuk tebing tinggi menjulang ke atas. Tidak berlebihan jika hutan lindung ini digambarkan sebagai taman firdaus. Dasar lautan yang dangkal memancarkan hijau kebiruan. Lengkung pesisirnya memberikan kehangatan hutan hujan tropis yang bertahtakan kekayaan flora dan fauna di Indoneisa. Pantai iboih juga dikenal sebagai salah satu pantai yang paling indah di dunia.

       Pantai iboih adalah sebuah pulau yang terdapat di kepulauan weh. Pantai ini memiliki pesona wisata alam yang menarik para pelancong dari luar maupun dalam negeri. Kebanyakan para pelancong yang datang ke pantai iboih ini merupakan wisatawan asing karena tempat wisata ini adalah tempat snorkling dan diving yang bagus. Pantai Iboih berada di Kecamatan Sukakarya Kotamadya Sabang. Kelurahan Iboih memiliki luas sekitar 15 Km2. Untuk mencapai lokasi dapat di tempuh dengan melewati jalan laut (kapal cepat) selama ± 45 menit dari Pelabuhan Ule lheue sedangkan untuk jalan darat selama ± 45 menit dari Pelabuhan Balohan menuju pantai. Di pantai Ibioh ini, pengunjung dapat menikmati panorama alam yang indah dengan banyak kegiatan wisata alam lain yang dapat dilakukan seperti wisata tirta antara lain berselancar, naik sampan, berenang, serta menyelam untuk menikmati alam bawah air dengan keanekaragaman terumbu karang serta ikan-ikan karangnya yang indah.

       Beberapa fasilitas yang dapat mendukung kegiatan wisata antara lain : pondok-pondok penginapan di sekitar Iboih yang dibangun oleh masyarakat, shelter, kios cendera mata dan hotel yang terdapat di Gapang. Dari pantai iboih wisatawan dapat mengunjungi pulau rubiah yang terkenal dengan keindahan alam bawah taman lautnya. Selain itu di Pulau Rubiah terdapat berbagai fasilitas yang dibangun antara lain: pusat kegiatan menyelam yang dilengkapi dengan fasilitasnya (perahu motor, peralatan selam), shelter, rumah jaga, menara pengintai, jalan setapak, taman dan instalasi listrik. Sensasi dari Pantai Iboih sangat menarik sekali. Dari jauh tampak air laut yang membentang biru dan bening sekali membuat para wisatawan ingin bermain air laut yang bening dan hangat itu.

  • 29 September 2016

Pengen kesini

Komentar