Curug Cipendok

Curug Cipendok

      Curug Cipendok berada di Desa Karangtengah, Kecamatan Cilongok, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Lokasi Curug Cipendok hanya berjarak 25 Km ke arah Barat dari Kota Purwokerto dan hanya berjarak 8 Km ke arah Timur dari Kecamatan Ajibarang. Untuk menuju Curug Cipendok dari arah Purwokerto tinggal ambil jalan menuju Bumiayu-Tegal.

    Jalur ini merupakan salah satu jalur alternatif utama lintas Selatan-Utara dengan kondisi yang sudah cukup baik dan ramai. Jalur ini akan melewati daerah yang bernama Losari, di Losari ini, ambil jalan yang menuju Kecamatan Cilongok. Dari lokasi ini, sudah terdapat papan penunjuk arah menuju Curug Cipendok. Rute jalur perjalanan dari arah Barat (Kota Tasikmalaya, Kecamatan Bumiayu), dari arah Utara (Kota Cirebon, Kota Tegal), Selatan (Kota Cilacap) ambil jalur melalui Kecamatan Ajibarang ke arah Timur hingga tiba di Losari. Di Losari, jalur menuju Curug Cipendok akan sama seperti jalur apabila tiba dari arah Kota Purwokerto.

      Di kawasan Wisata Curug Cipendok ini tidak hanya menyajikan objek wisata alam berupa air terjun, tetapi terdapat pula cottage, jogging & jungle trek, area outbond, serta bumi perkemahan. Semua fasilitas ini dibangun dengan harapan kawasan objek wisata Curug Cipendok dapat berkembang dan menjadi objek tujuan wisata utama selain objek wisata Batu Raden yang terletak tidak jauh dari Curug Cipendok.

      Hal ini didasari oleh keindahan dan suasana di sekitar Curug Cipendok yang masih alami dan dapat dimanfaatkan salah satunya untuk memajukan pariwisata di Kecamatan Cilongok khususnya. Curug Cipendok merupakan air terjun permanen dengan ketinggian 90 m dan merupakan salah satu air terjun tertinggi ke-10 dalam sebuah poling individual. Di sekitar air terjun utama, terdapat beberapa aliran air terjun kecil dan kolam yang bisa digunakan sebagai tempat untuk bermain air bagi pengunjung. Hal inilah yang menjadi salah satu daya tarik objek wisata Curug Cipendok. Selain dapat menikmati suasana alam yang masih alami, pengunjung juga dapat menikmati air yang masih segar dan jernih.

 

Komentar