Curug Sirawe

Curug Sirawe

      Curug Sirawe merupakan  salah satu objek wisata yang cukup terkenal dibanjarnegara. Curug sirawe merupakan sebuah air terjun yang terletak di Dusun Bitingan, Desa Kepakisan, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara, Propinsi Jawa Tengah. Air yang jatuh dari curug ini menimpa bebatuan dan membentuk kolam kecil di bawahnya. Air terjun ini berada di pegunungan yang hijau dengan panorama yang sangat indah. Curug Sirawe berada di dataran tinggi Dieng dengan memiliki ketinggian sekitar 80 m.  

      Untuk mencapai ke air terjun ini bisa ditempuh dengan menggunakan kendaraan roda dua selain itu bisa tracking melalui bukit sipandu sebuah bukit yang menurut ceriata masyarakat sekitar merupakan salah satu gerbang atau pintu masuk kawasan Dieng dari arah utara. Air terjun ini sangat unik selain area sekitarnya yang masih sangat alami karena tumbuhan yang mengelilinginya masih benar-benar tumbuhan gunung yang sangat beragam ditambah dengan adanya  air panas dan dingin menyatu jadi satu

      Curug sirawe merupakan tempat wisata yang masuk dusun Sigemplong, desa Pranten, kecamatan Bawang, kabupaten Batang. Karena sejarah, orang lebih banyak mengetahui curug ini masuk wilayah Banjarnegara, tepatnya desa Bitingan. Dahulu curug ini sempat menjadi rebutan dua kabupaten, Banjarnegara dan Batang. Pihak Kabupaten Banjarnegara mengklaim curug sirawe sebagai asetnya karena memang sumber mata air curug (di desa Bitingan) masuk wilayah Banjarnegara.

      Melihat keindahan dan kesejukan air terjun ini, biasanya pengunjung tergiur untuk bermain-main dengan air dan menceburkan diri ke dalam kolam. Baju yang basah kuyup sudah tidak dipedulikan lagi karena mereka ingin melepaskan semua rasa lelah yang dibawa ketika harus melewati hutan. Hanya saja, anda masih harus tetap berhati-hati saat bermain-main dengan air karena banyak terdapat bebatuan dengan berbagai ukuran.

      Perjalanan menuju curug dapat ditempuh dengan motor dan dilanjutkan dengan berjalan kaki. Jalan menuju curug belum terjamah beraspal sehingga perjalanan akan perlu perjuangan. Anda dapat menggunakan kendaraan dari Dukuh Pawuhan menuju Dukuh Bitingan, Desa Kepakisan, Batur Banjarnegara. Jalur ini memang tidak dilewati angkutan umum. Dari pertigaan Dukuh Simpangan, Karangtengah, angkutan yang tersedia menuju Kecamatan Batur via Desa Kepakisan-Pekasiran hanya berupa mobil sayur dan ojek.

Komentar