Pantai Ulee Lheue

Pantai Ulee Lheue

       Pantai cermin ulee lheue adalah pantai yang pernah terkena dampak paling parah pada saat bencana tsunami aceh tahun 2004. Di dekat pantai ini ada sebuah desa yang terletak persis di tepi pantai yang juga terkena dampak parah saat dihantam gelombang tsunami, sebagian besar kondisi dari pantai ini sudah hancur porak poranda akibat terkena tsunami yang tersisa di tempat ini hanya puing-puing bangunan dan pepohonan yang tumbang di sana sini. Tetapi sekarang wilayah ulee lheue sedang memulai pembangunan kembali oleh pemerintah setempat serta ditambah bantuan dari lembaga asing menjadikan tempat ini kembali indah. Untuk menuju ke pantai ini tidak terlalu sulit karena lokasi nya yang strategis, hanya berjarak sekitar 3 km dari pusat kota.

       Pengunjung pantai ini dapat menyewa mobil pribadi atau naik angkutan umum dalam kota. Untuk penyewaan mobil maka akan dikenakan tarif sebesar Rp 400000 yang dimana sudah termasuk mobil, sopir dan bensin. Untuk jam sewanya hanya diperbolehkan selama 10 jam. Harga yang diberikan untuk penyewaan mobil tidak menentu bisa leih mahal bahkan lebih murah tergantung dari pengunjung yang menawar. Untuk mobil melalui rute sepanjang jalan sultan iskandar muda, sedangkan jika ingin naik angkutan umum pengunjung harus menuju ke terminal dalam kota, terminal ini tidak jauh dari masjid baiturrahman, pangkalan angkot di aceh biasa disebut dengan labi-labi. Jika menggunakan angkot naiklah angkot yang bernomor 05 dengan jalur jurusan terminal-punge-ulee lheu. Angkot jurusan ini aka menuju ke beberapa tempat wisata seperti museum aceh, blang padang, kapal apung dan pantai ulee lheu Tarif yang dikenakan jika naik angkot sebesar Rp 2000 untuk mahasiswa, sedangkan Rp 4000 untuk umum. Angkot ini juga bisa jadi alternatif pengunjung jika ingin menyewa kendaraan harian untuk digunakan berwisata. Angkot beroperasi sampai pukul 18.00 WIB, jika kemalaman dijalan bisa memanfaatkan transpotasi becak motor sebagai alternatif dengan tarif Rp 3000/km, untuk dalam kota harga nya sekitar Rp 15000 sampai Rp 20000.

       Meskipun pantai ulee lheu pernah terkena imbas dari tsunami tetapi tak menjadikan pantai ini kehilangan pesona nya, pantai ini masih terlihat sangat indah dan mulai cukup ramai di datangi para masyarakat lokal termasuk wisatawan asing pula. Semenjak dibangunnya tanggul pengaman dan jalan dua jalur yang menuju pelabuhan ulee lheu yang membuat akses ke tempat ini semakin mudah dan nyaman untuk dikunjungi. Tidak lah heran jika para pengunjung banyak yang datang ke pantai ini, suasana pemandangan di pantai ini memang sangat indah dengan panorama perbukitan yang hijau sehingga mampu menambah kecantikan alam daerah ini. Jika air laut sedang surut maka akan tampak batuan-batuan karang yang timbul ke permukaan air.

Komentar