Pantai Lampuuk

Pantai Lampuuk

       Pantai lampuuk adalah salah satu tempat tujuan wisata di aceh besar sebelum terjadi tsunami pada tahun 2004, pantai ini selalu ramai dengan pengunjung baik dari banda aceh, melaboh, atau daerah-daerah yang lainnya. Pantai ini memiliki pasir putih dan pepohonan pinus yang rindang, tempat ini merupakan tempat ideal untuk melepas kepenatan di akhir pekan. Saat terjadinya tsunami pada saat itu, pantai yang berjarak sekitar 15 kilometer dari banda aceh ini termasuk tempat dengan kerusakan yang parah akibat terkena dampak dari tsunami tersebut. Hotel-hotel yang berada di tepi pantai dan pemukiman penduduk di sekitar pantai ini juga hancur dihempas gelombang besar air dari tsunami. Lebih dari separuh penduduk lampuuk meninggal dalam bencana ini. Trauma yang di alami masyarakat setelah terkena bencana ini membuat para penduduk sekitar pantai menjadi enggan untuk datang ke pantai ini, selain karena faktor trauma tersebut juga dikarenakan banyak nya pohon pinus yang tumbang dan puing – puing sisa tsunami, sampai-sampai pantai ini tutup untuk aktivitas pariwisata. Secara berangsur – angsur pantai ini pun kembali pulih, kurang lebih butuh setahun untuk mengembalikan aktivitas pariwisata di pantai ini untuk kembali ramai.

       Dalam proses rehabilitas dan rekonstruksi pasca bencana tsunami, pengelola pantai lampuuk diintegrasikan dengan beberapa obyek wisata lainnya yang terdapat di aceh, seperti pulau weh, danau laut tawar, dan dataran tinggi takengon. Pengaruh positif terhadap upaya mengembalikan citra pantai lampuuk setelah proses rehabilitasi dan rekonstruksi membuat pantai ini kembali menjadi primadona wisata di Aceh.

       Tidak hanya wisatawan lokal yang datang ke tempat wisata ini, juga banyak aktivis NGO dan relawan asing yang singgah untuk berwisata di pantai terutama bermain selancar air yang semua nya itu mampu mendongkrak popularitas dari pantai ini. Sehingga untuk saat ini bisa dikatakan pantai lampuuk ini sudah pulih sepenuhnya seperti sebelum terjadi nya tsunami. Untuk jalur akses agar bisa masuk ke pantai ini bisa melewati 4 jalur yaitu bisa dari Babah satu, Babah dua, Babah tiga, dan Babah empat, masing-masing dari pintu masuk diberi nama sesuai urutan posisi nya, dari yang paling selatan ke yang paling utara. Jalur yang biasa nya banyak dilewati oleh pengunjung lokal umum nya adalah Babah satu dan Babah dua sedangkan untuk turis asing biasa nya datang dari jalur Babah tiga Seiring dengan perbaikan yang dilakukan berbagai fasilitas sudah banyak yang dilengkapi seperti banana boat. Bagi pengunjung yang ingin menginap, disini tersedia berbagai penginapan dari harga yang terjangkau hingga cottage yang tarif nya variatif sesuai dengan pelayanan dan fasilitas yang diinginkan oleh para pengunjung.

Komentar