Kebun Raya Bogor

Kebun Raya Bogor

      Kebun Raya Bogor, Kebun yang juga disebut dengan Kebun Botani Bogor ini berlokasi di jalan Ir. H. Juanda No. 13, Kota Bogor, Jawa Barat. Kebun yang memiliki luas mencapai 87 hektar dan mempunyai lebih dari 15.000 koleksi pohon dan tumbuhan ini berjarak sekitar 60 kilometer dari Selatan Jakarta dan membutuhkan waktu sekitar 1 jam perjalanan dari rimba beton Ibu Kota. Jika Anda mengunjungi tempat wisata ini Anda dapat menempuhnya melalui rute Jakarta, Anda bisa menggunakan kendaraan umum maupun kendaraan pribadi Anda menuju ke Kota Bogor dengan waktu tempuh sekitar 1 jam perjalanan tergantung kondisi lalu lintas disana. Telah disebutkan diatas dari 15.000 jenis tumbuhan dan pepohonan, 400 jenis terdiri dari jenis pohon palem, 5000 terdiri dari pohon seluruh negara tropis, 3000 varietas rumah anggrek. Dengan luasnya itu Kebun Raya Bogor ini dihuni oleh 3.504 jenis tumbuhan dalam 1.273 genus dan 199 spesies.

      Kebun Raya Bogor ini awalnya menjadi pusat introduksi berbagai tanaman ekonomi penting pertanian lalu kini Kebun Raya Bogor berfungsi sebagai tempat konservasi tanaman dan sebuah pusat penelitian untuk taksonomi dan utilisasi pabrik. Dalam hortikultura, kebun berfungsi sebagai tempat studi adaptasi tanaman, penanaman dan pengembangan tanaman. Kebun Raya Bogor ini dapat menjadi destinasi Anda dan keluarga saat berkunjung ke Bogor. Disini banyak kegiatan-kegiatan menarik yang dapat Anda lakukan bersama keluarga Anda seperti diantaranya adalah Anda dapat melihat bunga bangkai atau bunga titan arum, bunga ini merupakan bunga terbesar di dunia yang tingginya mencapai 3 meter. Pastikan Anda menemukan langsung keberadaan bunga ini di dalam Kebun Raya Bogor. Anda dan keluarga juga dapat melihat Kelapa sawit (Elaeis guinensis) yang merupakan salah satu komoditi pertanian dari Afrika Barat ke Indonesia dimana bibit awalnya dikembangkan di Kebun Raya Bogor. Berikutnya bibit itulah yang menjadi induk kelapa sawitse-Asia Tenggara. Ini adalah pengetahuan dan hal menarik yang dapat Anda nikmati bersama keluarga.

      Jika berkunjung disini, jangan lupa untuk mampir ke rumah anggrek, disana Anda akan menjumpai lebih dari 10.000 spesimen anggrek koleksi Kebun Raya Bogor. Anggrek-anggrek ini akan ditampilkan di sebuah ruangan yang dilengkapi sistem fogging sebagai pengatur kelembaban anggrek tersebut. Jangan salah, di dalam Kebun Raya Bogor anda juga akan menemukan ratusan Rusa tutul yang sedang makan di area tengah halaman Istana Bogor yang berumput hijau. Jangan lupa untuk mengabadikan momen bersama Rusa tersebut dengan keluarga. Tempat menarik lain yang wajib Anda kunjungi adalah Taman Teysmann sebuah taman bergaya Eropa yang dibangun tahun 1889 sebagai penghargaan kepada Johannes Teysmann, salah seorang kurator Kebun Raya Bogor. Tempat lain yang menarik adalah Taman Lebak Sudjana Kasan, Jalan Astrid, Taman Kaktus, juga Monumen J. J. Smith, Jembatan Gantung, Pohon Kalong, Kuburan Belanda, serta Monumen Lady Raffles.

      Banyak sekali kegiatan unik dan menarik yang dapat Anda lakukan bersama keluarga yang tentunya akan menjadi momen yang tak terlupakan. Setelah bersenang-senang bersama keluarga, pastikan Anda menjaga keindahan dan kebersihan lingkungan sekitar Kebun Raya Bogor. Buanglah sampah pada tempat nya dan jangan merusak atau mengotori ekosistem yang ada disana.

Komentar