Kawah Putih

Kawah Putih

      Kawah Putih, salah satu danau kawah terindah yang ada di Puncak Gunung Patuha, tepatnya di Jl. Raya Soreang Ciwidey , Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Danau berupa kawah putih yang terbentuk dari letusan Gunung Patuha ini berjarak sekitar +- 50 kilometer dari Bandung, Provinsi Jawa Barat. Kawah ini mempunyai tanah yang bercampur belerang dan berwarna putih, dan juga mempunyai air dengan warna putih kehijauan. Keunikan dari kawah putih ini adalah terkadang warna dari airnya yang dapat berubah.

      Untuk Anda yang ingin mengunjungi tempat menajubkan di Jawa Barat ini dapat Anda tempuh dari Bandung dengan waktu sekitar 2-3 jam perjalanan, tergantung kemacetan dan lalu lintas di Kota Bandung. Rute yang akan lewati adalah Soreang, Kabupaten Bandung kemudian Anda melanjutkan perjalanan ke Ciwidey. Disini Anda akan melihat papan petunjuk Kawah Putih yang sangat besar. Anda juga dapat sampai di kawah ini dengan menggunkaan transportasi umum, rute yang Anda ambil adalah dari Stasiun Bus Leuwipanjang, selanjutnya menaiki bus ke arah Ciwidey. Lalu dari Ciwidey Anda menaiki angkutan umum ke arah pintu masuk Kawah Putih. Di pintu masuk ini terdapat Bus shuttle yang akan mengantar pengunjung tiap 5 menit. Biaya yang Anda butuhkan untuk menaiki bus ini adalah Rp. 10.000/orang. Kawah putih ini sendiri buka setiap setiap hari dari pukul 07.00 hingga 17.00 dengan tiket seharga Rp. 15.000 per orang. banyak fasilitas yang dapat Anda gunakan disini seperti tempat parkir, transportasi, pusat informasi dan beberapa warung makan.

      Kawah putih ini dapat menjadi refensi Anda dan keluarga untuk berwisata, pemandangan yang memukau dari Kawah Putih ini memberikan sensasi dan suasana yang sangat unik dan dapat di jadikan tempat terbaik untuk menenangkan pikiran Anda dari kesibukan dan rutinitas Anda. Tempat ini juga sering sekali dikunjungi para penggemar fotografi karena keindahan pemandangannya, tak jarang banyak para pengantin yang melakukan foto pre wedding di tempat ini. Gunung yang meletus pada abad ke-10 ini memiliki landscape yang luar biasa berupa pegunungan dan perkebunan teh disekitarnya. Adanya hutan tropis dan bukit-bukit berkabut juga menambah pesona alam yang ada di kawah putih ini. Dominasi warna putih dari kawah itu melahirkan suasana yang mampu menghipnotis semua wisatwan yang berkunjung disini. Dengan warna danau yang begitu mencolok sungguh mempercantik paras danau ini. Ketika hari sedang berawan, seluruh permukaan kawah putih akan diselimuti oleh kabut.

      Atmosfir magis semakin bertambah karena adanya deretan pepohonan dan suhu dingin yang ada di kawah putih. Di kawasan kawah putih tersebut Anda dapat menjumpai makam beberapa leluhur seperti Eyang Jaga Satru, Eyang Rangsa Sadana, Eyang Camat, Eyang Ngabai, Eyang Barabak, Eyang Baskom, dan juga Eyang Jambrong. Masyarakat sekitar mempercayai bahwa kawasan Kawah Putih merupakan tempat berkumpulnya roh para leluhur mereka. Menurut cerita yang beredar, di Puncak Kapuk (salah satu puncak Gunung Patuha)masyarakat sesekali pernah melihat sekumpulan domba berbulu putih (domba lukutan), domba putih ini dipercaya masyarakat sebagai para leluhur yang sedang menjelma. Dan di Puncak Kapuk ini juga dipercaya sebagai tempat rapatnya para leluhur yang di pimpin oleh Eyang Jaga Satru. Yang harus Anda pahami saat berkunjung ke Kawah Putih adalah Anda hanya bisa menikmati keindahan kawah tersebut maksimal 15 menit kerna uap belerang yang ada di Kawah Putih yang terhisap tidak baik untuk paru-paru Anda. Bahkan untuk berenang disinipun tidak diperbolehkan. Dan untuk Anda yang ingin menginap serta meghabiskan waktu selama beberapa hari di Kawasan Kawah Putih ini Anda dapat menginap di hotel, villa dan penginapan lainnya yang terdapat di sekitar kawah putih dengan harga yang bervariasi.

Komentar