Bursa Agro Jogja

Bursa Agro Jogja

Bursa Agro Jogja atau BAJ merupakan bursa pemasaran pertanian perkotaan yang dikembangkan oleh Pemerintah Kota Yogyakarta melalui Pengembangan Kebun Bibit Dongkelan Barat. Dengan menempati lahan yang cukup luas yakni kurang lebih 14.000 meter persegi di daerah Dongkelan kelurahan Gedongkiwo, Kecamatan Mantrijeron, Kota Yogyakarta Bursa Agro Jogja ini diresmikan pada tanggal 20 Januari 2008 oleh walikota Yogyakarta.

Bangunan di Bursa Agro Jogja terbagi menjadi beberapa Zona, hal ini dimaksudkan agar mendukung berbagai kegiatan yang selenggarakan. Zona zona tersebut antara lain Zona penerimaan, Zona edukasi, Zona display tanaman hias, Zona retail Ikan hias, Zona Sub Raiser Ikan hias, Zona pameran dan kontes pertanian, Bangunan eks stasiun dongkelanl, Taman pendidikan pertanian, Gazebo olahan dan gazebo kolam, serta fasilitas Bursa Agro untuk menambah kenyamanan para pengunjung yakni tempat parkir, mushola, toilet serta taman bermain.

Dari beberapa zona tersebut sebagian sudah dimanfaatkan sebagai showroom bursa agro jogjadan transaksi komoditas pertanian perkotaan  terutama tanaman hias dan sarana produksinya serta sarana pendukung berupa pot, alat semprot, rak, dll. Lahan yang dipakai seluas 1.500 meter persegi dikelola oleh PIPA (Pusat Informasi Promosi Agribisnis) sebagai anjungan PIPA. Selain itu Zona Display Tanaman hias di dipergunakan oleh Asosiasi/pelaku usaha pertanian atau Kelompok tani untuk berjualan tanaman hias, sarana produksi beserta sarana pendukung dan telah terisi sebanyak 25 kios.

Untuk mendukung promosi Bursa Agro Jogja sendiri  memanfaatkan Zona Pameran dan Kontes pertanian setiap sebulan sekali dengan penyelenggara dari Unit pelaksana teknis sendiri ataupun dari pihak swasta yang diikuti oleh Asosiasi/Kelompok Tani/pelaku usaha pertanian di wilayah Yogyakarta dan sekitarnya. Sedangkan zona retail ikan hias sebanyak 20 kios dipergunakan oleh pedagang ikan hias dari pasar ngasem yang beberapa waktu lalu direlokasi ketempat ini. Untuk Zona Edukasi walaupun belum sempurna namun sudah seringkali dimanfaatkan oleh beberapa sekolah baik tingkat TK, SD, dan SLTP dari kota Yogyakarta bahkan luar propinsi.

Dan bangunan eks stasiun dongkelan menjadi tempat yang mengasyikkan, sebagai bangunan tua bekas stasiun kereta api jurusan Palbapang-dongkelan-salam dan magelang dan merupakan cagar budaya di pergunakan sebagai resto yang dikelola oleh unit pelaksana teknis dan swasta.

Komentar