5 Tempat Wisata di Blitar yang Wajib Dikunjungi

5 Tempat Wisata Di Blitar Yang Wajib Dikunjungi

Blitar merupakan salah satu wisata Indonesia yang kaya akan nilai sejarah. Di Blitar, Anda akan menjumpai makam Bung Karno, Bapak Proklamator Indonesia, serta rumah dimana dahulu Bung Karno tumbuh dan dibesarkan. Banyak hal tentang sejarah perjuangan kemerdekaan Indonesia yang ternilai dalam museum dan makam Bung Karno. Inilah tempat wisata di Blitar yang menarik dan patut anda kunjungi.


1. Makam Bung Karno

Makam Bung Karno Blitar

 
 

Makam Bung Karno ini terletak di Desa Bendogerit, dengan jarak sekitar 3 Km di utara dari kota Blitar, dan berdiri diatas lahan yang luas. Untuk masuk ke makam Bung Karno, tidak dipungut biaya tiket masuk. Kompleks makam Bung Karno adalah sebuah bangunan yang berbentuk joglo khas Jawa, di dalamnya terdapat makam Bung Karno, dan diapit oleh makam kedua orang tuanya. Di areal makam terdapat juga sebuah perpustakaan, sebuah tempat untuk menyimpan buku - buku dan tulisan Bung Karno. Anda dapat mengenal sosok Bung Karno lebih dalam di perpustakaan, selain perpustakaan, terdapat juga Museum Bung Karno, di dalamnya banyak disimpan benda - benda milik Bung Karno.

 

2. Istana Gebang

Istana Gebang Blitar

 
 

Istana Gebang merupakan tempat masa kecil Bung Karno, berjarak lebih kurang 2 Km dari makam Bung Karno. Dari kompleks makam menuju Istana Gebang, anda cukup menggunakan becak saja. Inilah tempat tinggal kedua orang tua Bung Karno, sebuah rumah yang sampai sekarang masih ramai dikunjungi banyak orang, apalagi pada bulan Juni.


3. Water Park Sumberudel

Water Park Sumberudel Blitar

 
 

Water Park Sumberudel adalah tempat wisata di Blitar yang ramai akan pengunjung. Banyak pelancong dari Kota lain yang datang ke Water Park ini. Tersedia berbagai fasilitas menarik di Water Park ini, seperti tempat bermain anak, panggung gembira, arae parkir yang cukup luas, penyewaan dan penitipn alat renang, dan yang tak kalah seru yaitu 2 kolam renang dengan air yang selalu terjaga kebersihannya.


4. Pantai Tambakrejo

Pantai Tambakrejo Blitar

 
 

Pantai Tambakrejo ini terletak di sebelah selatan kota Blitar, dengan jarak sekitar 30 Km dari pusat kota Blitar, tepatnya berada di Desa Tambakrejo Kec. Wonotirto. Pantai Tambakrejo merupakan salah satu tempat wisata dengan ombak laut yang relatif tenang, sehingga banyak keluarga yang datang untuk berenang dan bermain, serta menikmati wisata pantai ini. Pada sa'at pagi hari anda akan sering mendapati para nelayan yang baru pulang melaut dan hasil tangkapannya yaitu ikan - ikan segar. Jika anda ingin membeli ikan - ikan ini, anda bisa mendapatkannya di tempat pelelangan ikan yang ada di pntai Tambakrejo ini.

 

 

 

 


 

5. Candi Penataran

Candi Penataran Blitar

 
 

 Penataran merupakan candi terbesar di Jawa Timur dan merupakan salah satu wisata di Blitar yang terkenal dengan nilai sejarahnya. Anda pasti betah dsini, karena hawa alam yang begitu sejuk di kawasan candi. Candi Penataran terletak di kaki gunung kelud. Secara historis Candi Penataran berdiri pada era tiga kerajaan besar Nusantara, antara lain Kediri, Majapahit, Singasari. Dalam legenda masyarakat setempat meyakini bahwa Candi Penataran merupakan tempat dimana Gajah Mada mengucap sumpah yang dikenal yaitu sumpah palapa, sebuah sumpah bertujuan mempersatukan nusantara di bawah naungan Majapahit.

Komentar