5 Wisata-Wisata Tereksotism di Tanah Papua

 5 Wisata-Wisata Tereksotism Di Tanah Papua

1. Wisata Raja Ampat

      Wisata Raja Ampat Papua adalah wisata yang sudah mendunia. Wisata Raja Ampat wisata perjanan yang yang paling menarik karena disana nanti kita akan         disuguhkan berbagai panorama bwah laut yang menawan. Wisata Raja Ampat adalah sebagai julukan Amazon Laut Dunia karena Laut Raja Ampat berada di pusat     salatiga karang dunia. Wisata Raja Ampat ini termasuk Papua  Barat yang terdirii dari dari 610 pulau, aka tetapi baru 35 pulau yang masih ditempati penduduk tapi kemungkinan besar jika seluruh wisata-wisata di tanah Papua seperti wisata Raja Ampat maka pulau tersebut akan dipenuhi penduduk.

      Wisata Perairan Raja Ampat terkenal di dunia sebagai spesies ikan yang paling lengkap di dunia, sehingga wisata Raja Ampat dilindunugi oleh Undang-Undang RI. Wisata Raja Ampat menawarkan wisata yang menawan bawah laut yaitu kegiatan diving/menyelam. Karang-karang di dasar laut Raja Ampat masih bisa dibilang alami karena Laut disana benar-benar di lindungi  oleh Undang-undang. Masalah spesies ikan hampir 75% ada di laut tersebut. Kegiatan diving ini bisanya dilakukan di pulau Wayang Raja Ampat, paling sedikit terdapat 1 500 spesies ikan, 537 spesies koral, 699 hewan tak bertulang belakang, yang dapat kita temukan di tempat tersebut.  Untuk diving sendiri kita gak langsung dilepas begitu saja tapi kita masih mendapatkan panduan dari ahlinya.

      Jika kita menginkan diving jangan kaget dengan terumbu karang dibawah laut yang masih alami dan tak tercemar dan jenis-jenis ikan yang ada di sekitarnay. Terumbu karang yang hidup menjadi sumber kehidupan bagi ikan dan satwa laut lainnya. Ekosistem yang masih alami ini sehingga mendapatkan julukan Laut Amazon Dunia. Sebagian orang menyebut Wisata Raja Ampat sebagai surga tersembunyi yang berada di dunia.

      Kalau di Indonesia yang bisa menandingi Wisata Raja Ampat hanyalah Pulau Weh yang ada di Sabang Aceh. Unikya kedua tempat ini adalah kegiatan  diving-divingnya yang sangat menarik di Dunia. Mungkin karena hanya karena faktor biaya yang membuat wisatawan domestik jarang mengunjungi kedua tempat ini khususnya Pulau Raja Ampat ini. Rata-rata pengunjung wisata Raja Ampat adalah wisatawan asing/turis karena wisatawan asing menang dibidang tersebut. Wisatawan asing mempunyai penghasilan lebih tinggi dari pada warga Indonesia, kondisi keunangan yang lebih baik tersebut yang dapat menikmati segala fasilitas yang ada di pulau Raja Ampat ini. Saran dari kita jika kita mau wisata lebih baik di tanah Papua ini karena banyak sekali tempat wisata yang menarik ditanah Papua ini dan jangan lupa mengunjungi wisata Raja Ampat yang pastinya tidak akan kecewa jika menyemppatkan diri mengunjungi wisata tersebut. Untuk akses menuju lokasi ini ada banyak jalur, yaitu Udara, darat dan Laut

      Pesawat terbang : dari kota Jakarta, Kota Surabaya, Denpasar,Kota Ujung Padang Makasar, kota Jaya Pura kemudian yang bertujuan ke Biak, setelah itu dilanjutkan ke Manukwari

      Kapal Laut : dari Kota Jakarta, Kota Surabaya, Kota Ujung Padang Makasar, serta Jayapura kemudian dilanjutkan menuju Manukwari.

2. Teluk Cenderawasih

     Teluk Cendrawasih merupakan Taman Nasional Laut yang berada di Papua dan merupakan perwakilan perwakilan ekosistem terumbu karang, mangrove dan hutan daratan tropika. Teluk Cendrawasih juga merupakan perairan laut terluas di iNdonesia terdiri daratan dan pesisir pantai, perairan dan pulau-pulau, terumbu karang, dan perairan lautan. Potensi karang Taman Nasional Teluk Cendrawasih tercatat 150 jenis dari 15 famili, dan  tersebar di 18 pulau besar dan kecil. Di Teluk Cendrawasih terdapat goa alam yang merupakan peninggalan jaman purba, sumber air panas yang mengandung belerang tanpa kadar garam di pulau Missowaar, goa dalam air dengan kedalaman 100 kaki di Tanjung Mangguar. Dan masih banyak lagi peninggalan sejarah yang mengandung nilai tinggi.

      Jika kita mengunjungi teluk cendrawasih akan banyak dikejutkan oleh terumbu karang yang beraneka ragam mulai dari koloni karang biru, karang hitam, dan masih banyak lainnya yang tidak bisa disebutkan satu persatu. Kita juga akan dikejutkan jugha dengan berbagai macam ikan jika kita akan mengunjungi tempat tersebut, seperti : Butterfly fish, star fish, damsel fish, angel fish, parrot fish, rabbit fish, serta anemone fish. Selain itu di teluk Cendarawasih masih ada juga kejutan yang menarik yaitu kita akan dikejutkan dengan Hiu Raksaasa Jinak, kenapa dikatakan jinak karena Hiu ini tidak makan manusia. Hiu ini dinamakan Hiu Paus atau disebut juga dengan Whale Shark, Hiu ini panjangnya 14 meter tetapi makanannya biasanya ikan teri, dan gerakkannya gak gesit seperti layaknya hiu-hiu umumnya.

      Tidak hanya  ikan Hiu ini aja kawan, kita di Teluk Cendrawasih juga akan ditemukan dengan Ukurang raksasa lainnya, mulai dari Ikan Paus Biru, Ikan Duyung, Ketam Kelapa, Ikan lumba-lumba serta ikan Hiu. Ikan-ikan tersebut sering memperlihatkan diri dikawasan perairan Teluk Cendrawasih, semua ikan ini tidak pindak (migrasi) ke samudra autralia atau samudra atlantik seperti hal ikan lainnya,maka kita gak usah khawatir. Di tempat ini masih banyak lagi fauna yang menarik seperti halnya Binatang darat, kalau kura-kura dan penyu udah pasti ada di Teluk Cendrawasih ini. Untuk akses menuju lokasi ini ada banyak jalur, yaitu Udara, darat dan Laut

Pesawat terbang : dari kota Jakarta, Kota Surabaya, Denpasar,Kota Ujung Padang Makasr, kota Jaya Pura kemudian yang bertujuan ke Biak, setelah itu dilanjutkan ke Manukwari atau Nabire.

Kapal Laut : dari Kota Jakarta, Kota Surabaya, Kota Ujung Padang Makasar, serta Jayapura kemudian dilanjutkan menuju Manukwari ataupun Nabire.

3. Danau Sentani

     Panorama Danau Sentani begitu indah luar biasa dan banyak menarik wisatawan untuk datang ke tempat ini. Danau Sentani terletak terbentang dari Kota Jaya Pura dan Kabupaten Jayapura dan berada pada ketinggian 75 mdpl. Danau Sentani terbentang luas nan indah membuat mata tak bosan untuk melihatnya, danau Sentani sendri berada di lerenng pegunungan Cagar Alam Cycloops, dari Jayapura berjarak 50 km. Dan luas danau Sentani sekitar 9360 ha.

      Asal muasal dan sejarah kata “sentani” ternyata pertama kali oleh Pendeta BL Bin sekitar 117 tahun silam dan mempunyai arti disini kami tinggal dengan damai. Danau Sentani merupakan danau vulkanik. Sumber air Danau Sentani berasal dari 14 sungai besar dan kecil dengan satu muara sungai yaitu Jaifuri Puay. Dasar perairan Danau Sentani terdiri dari substrat lumpur berpasir (humus). Danau Sentani mempunyai kekayaan biota laut yang beragam. Masyarakat sekitar pun telah memanfaatkannya untuk budidaya ikan air tawar. Terdapat sekitar 30 spesies ikan air tawar yang menghuni perairan Danau Sentani dengan 4 species diantaranya merupakan endemik Danau Sentani yaitu ikan gabus Danau Sentani, ikan pelangi Sentani, ikan pelangi merah dan hiu gergaji.

      Pemandangan sekitar danau masih sangat alami dan eksotik. Terdapat sekitar 24 kampung yang tersebar di pesisir dan pulau-pulau kecil yang berada di tengah danau. Pulau-pulau kecil tersebut berjumlah 21 buah. Kita bisa berkeliling danau menggunakan perahu wisata yang disewakan untuk menikmati keeksotisan alam Danau Sentani. Selain itu kita juga bisa berenang, memancing, menyelam, ski air dan berwisata kuliner di kawasan Danau Sentani.

      Waktu terbaik untuk berkunjung ke Danau Sentani adalah pada bulan Juni. Hal tersebut terkait dengan diadakannya Festival Danau Sentani pada pertengahan bulan Juni setiap tahunnya. Acara tahunan tersebut diadakan untuk lebih memperkenalkan Danau Sentani baik untuk wisata lokal maupun mancanegara.

      Untuk menuju Danau Sentani kita bisa menggunakan penerbangan dengan rute menuju ke Bandara Sentani, Jayapura. Dari Bandara Sentani kita bisa melanjutkan perjalanan menuju Danau Sentani menggunakan kendaraan umum dengan tarif mulai dari Rp. 10.000 dengan waktu tempuh sekitar 15 menit.

4. Danau Paniai

     Danau Paniai adalah danau yang terkenal dengan keindahan panorama alam yang masih alami dan terjaga dengan baik. Danau yang ditemukan oleh orang yang berkebangsaan Belanda ini menamai danau Maniai yang luasnya kurang lebih sekitar 14.500 ha, dan ketinggian sekitar 1.700 mdpl. Di Danau maniai ini kita tidak usah bingung karena seluruh fasilitas ada di area danau ini. Danau ini juga banyak menyimpan keaneragaman fauna air seperti ikan air tawar dan udang. Banyak lagi spesies ikan yang sangat diburu oleh orang yaitu ikan pelangi. Ikan pelangi sering dicari oleh para nelayan karena bernilai ekonomis tinggi.

      Selain menikmati indahnya panorama yang disuguhkan di sini, anda dapat mencoba suasana lain seperti memancing, menyewa perahu ataupun hanya duduk duduk saja di pinggir danau. Jelang matahari terbenam keeksotisan pantai ini kian terpancar. Perahu-perahu nelayan yang mulai menepi, lalu-lalang speedboat dri balik bebukitan serta burung-burung kecil yang yang terbang rendah dan sesekali menyambar ke air. Lebih special lagi jika menikmati nya sambil minum teh atau kopi yang disediakan di warung-warung di pinggir danau. Jika masih ada waktu sebelum kembali pulang, anda bisa mengunjungu lokasi keramba aneka jenis ikan tawar yang terdapat di tepi Danau Paniai. Anda ditawarkan membeli ikan segar yang dapat di makan langsung atau pun dibawa pulang.

      Banyak sekali fasilitas yang ditawarkan di objek wisata Danau Paniai ini, seperti pos jaga untuk melindung wisatawan dari hal-hal yang bersifat tidak baik, pemandu wisata yang akan mengantarkan sekaligus menjelaskan tentang asal-usul atau letak area di danau ini. Fasilitas lainnya seperti persewaan perahu, persewaan peralatan memancing, dan warung-warung tempat penjual makanan dan minuman.

Transportasi dan Rute:
Untuk mencapai lokasi danau, anda dapat memulai perjalanan dari Kota Enarotali, Ibu Kota Kabupaten Paniai. Dari Kota Enarotali, tersedia dua jalur menuju kawasan Danau Paniai. Pertama, menggunakan jalur darat dengan menyewa bus. Kedua, mengambil jalur udara dengan menumpang pesawat jenis Cessna yang bisa mendarat di wilayah dataran tinggi dengan karakteristik landasan dari tanah.

Akomodasi:
Di kawasan Danau Paniai tersedia berbagai fasilitas, seperti pos jaga, pemandu wisata, dan pondok wisata. Persewaan perahu, persewaan peralatan memancing, dan warung-warung kecil juga tersedia di sini. Jika anda ingin menginap, dapat menyewa rumah-rumah penduduk yang terdapat di sekitar danau eksotis ini atau berkemah di berbagai lokasi di kawasan tersebut.

 

5. Pulau Rumbenpon

     Pulau Rumbenpon kini kembali memanggil kita untuk hadir dan menikmati suasana yang indah dan exotism alamnya yang luar biasa. Pulau Rumbenpon adalah sebuah pulau yang sebagian pulau kecil dari papua, tapi masalah pemandangan pulau ini menyediakan banyak panorama yang indah jika dipandang mata contohnya wisata dari pulau Rumbenpon adalah Pulau Nusuka.

      Pulau Nusuka terletak disebelah selatan dan tidak jauh dari Rumberpon, bukan hanya Raja Ampat yang keren buat diving, tetapi di Pulu Nusuka ini juga keren baget buaf kegiatan tersebut. Biasanya hal yang sering dilakukan di Pulau ini adalah wisata pantai dan menikmati indahnya bawah laut yang meliputi batu karangnya yang masih alami, ikan-ikan hias yang menghiasi pantai ini serta yang gak ada di kegiatan lainnya yaitu fishing (memancing). Di laut ini banyak terdapat ikan kerapu, teripang dan lobster. Untuk mengakses tempat ini kita gak perlu bingung kaerena kita disediakan longboat dan perjalanannya sekitar 1,5 jam. Pulau Nusuka hanya seluas 4 ha.

      Wisata Pulau Rumbenpon.

      Pulau ini terletak dibagian utara Kabupaten Teluk Wondana berbatasan dengan Manokwari. Pulau ini juga memiliki wisata yang indah yaitu Pantai Pasir Panjang dengan kuarsa putih yang memangjang kurang lebih 6.000 meter. Terumbu karang yang menglilingi pantai ini hampir merata dan masih alami. Ditemapat ini bedanya dengan tempat lain yaitu kita bisa bersnorkling dan scuba diving, ski air selancar angin dan memancing. Kegiatan lain yang dapat kita lakukan di tempat ini adalah pengamatan burung-burung yang beraneka ragam seperti elang,kaskus, dan satwa lainnya.

      Tempat ini juga dihiasi dengan padang alang-alang yang luas dan menawan yang mana biasanya jika beruntung ditempat ini terdapat gerombolan rusa yang mencari makan. Untuk mencapai pulau ini kita tidak usah bingung kita bisa memakai loangboat selama 5,5 jam atau melalui jalur darat dari Manukwari melewati jalur darat dan ranski memakan waktu sekitar 3 jam yang kemudian dilanjutkan jalur laut menggunakan ranski sekitar 2 jam.

      Pulau Nusrowi.

      Pulau Nusrowi terletak di sebelah barat laut pulau Rumberpon, yang tak kalah menarik dengan pulau-pulau lainnya. Pulau kecil ini hanya sekitar 4 ha. Pualau ini juga dikelilingi terumbu karang yang luar bisa dan tak kalah menarik dengan pulau-pulau lainnya. Jenis spesies ikan sama dengan yang laut lainnya.

Komentar