10 Objek Wisata Pemandian Air Panas di Pulau Jawa

10 Objek Wisata Pemandian Air Panas Di Pulau Jawa

      Mata air panas atau sumber air panas merupakan mata air yang dihasilkan akibat keluarnya air tanah dari kerak bumi setelah dipanaskan secara geotermal. Air panas lebih dapat mengencerkan padatan mineral, sehingga air dari mata air panas mengandung kadar mineral tinggi, seperti kalsium, litium, atau radium. Berendam di air panas dipercaya dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit. Tak heran mata air panas dijadikan tempat pemandian sebagai obyek wisata sekaligus untuk terapi kesehatan. Klikers, berikut 10 pemandian air panas di Pulau Jawa:

1. Ciater

Ciater

      Pemandian air panas Ciater terletak di Kecamatan Ciater, Kabupaten Subang, Jawa Barat. Lokasinya persis berada di perbatasan antara Bandung dan Subang, bersebelahan dengan Lembang. Sumber air panasnya berasal dari Gunung Tangkuban Perahu dengan suhu air sekitar 43-46 derajat Celcius. Kandungan mineral dalam air panas di Ciater ini antara lain adalah kalsium, magnesium, chloride, sulfat, thermo, mineral, serta hypertherma dengan kadar aluminium yang tinggi yaitu 38,5 equiv persen dengan ph 2,45. Karena itulah air panas di Ciater ini dapat mengobati berbagai penyakit kulit. Daerah Ciater ini juga memiliki suhu udara yang sejuk, bahkan cukup dingin pada malam hari. Dalam perjalanan menuju pemandian air panas Ciater, Anda akan disuguhi pemandangan kebun teh yang begitu asri.

2. Tirta Sanita

Tirta Sanita

       Pemandian air panas Tirta Sanita berada di Jalan Cogreg, Desa Bojong Indah, Kecamatan Parung, Bogor. Lokasinya hanya sekitar 50 km dari kota Jakarta. Air panas di Tirta Sanita ini berasal dari gunung kapur yang memiliki belerang alami dan juga mengandung garam alami. Kandungan belerang dan garam ini dapat mengobati penyakit tulang ataupun kulit, serta membuat kulit lebih mulus. Pemandangan air panas Tirta Sanita ini memiliki pemandangan yang asri dan hawa yang sejuk. Di sini, Anda dapat menjumpai batu belerang berukuran besar berwarna putih karena belerang. Anda juga dapat melihat gunung kapur yang seperti diselimuti salju karena puncaknya yang tertutup endapan kapur berwarna putih. Selain pemandian air panas, Tirta Sanita juga menyediakan wahana outbond.

3. Gunung Pancar

 

Pemandian air panas gunung pancar

Pemandian Air Panas Gunung Pancar

      Pemandian air panas Gunung Pancar terletak di Kecamatan Citeureup, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Indonesia. Lokasinya ada di daerah Sentul, di tengah-tengah hutan pinus. Sumber air panas di Gunung Pancar ini memiliki kadar mineral 100.8 dan kalsium 70.3. Air panasnya dapat menyembuhkan berbagai penyakit. Di sini, Anda juga dapat mencoba masker lumpur mineral yang dipercaya baik untuk mengobati jerawat dan menghilangkan kulit mati.

4. Guci, Tegal

Pemandian Air Panas Guci

      Pemandian air panas Guci berada di Desa Guci, Bumijawa, Tegal. Pemandian air panas Guci ini memiliki 10 air terjun dan 6 mata air. Di pemandian air panas Guci ini ada banyak pancuran air panas. Airnya dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit kulit. Obyek wisata pemandian air panas Guci ini memiliki fasilitas yang cukup lengkap, mulai dari penginapan, wisata hutan, lapangan tenis, kolam renang dengan air panas, lapangan sepak bola dan juga tempat perkemahan pelajar. Terdapat pula Guciku Hot Waterboom yang merupakan wahana permainan air lengkap meliputi kolam renang, kolam badan Guci, kolam rendam, dan arus jeram.

5. Baturraden

Pancuran Pitu, Baturraden

Pancuran Pitu, Baturraden

      Baturraden terletak di di sebelah selatan Gunung Slamet, di sebelah utara Purwokerto. Karena terletak di lereng gunung, kawasan ini memiliki hawa yang sejuk bahkan cenderung dingin. Di kawasan wisata Baturraden ini ada dua pemandian air panas, yaitu Pancuran Pitu dan Pancuran Telu. Dinamakan Pancuran Pitu atau Pancuran Tujuh karena air panas yang bersumber langsung dari kaki Gunung Slamet ini keluar melalui tujuh pancuran. Suhu air di Pancuran Pitu ini antara 60- 70 derajat Celcius. Waw, panas sekali , ya! Sedangkan Pancuran Telu atau Pancuran Tiga hanya memiliki tiga buah pancuran dan digunakan untuk terapi penyembuhan. Pancuran Telu ini posisinya di sebelah bawah Pancuran Pitu.

6. Cangar

Pemandian air panas Cangar

Pemandian Air Panas Cangar

      Pemandian air panas Cangar terletak di kaki Gunung Welirang, tepatnya di dusun Cangar, Sumber Brantas, Bumiaji, di wilayah Kota Wisata Batu. Pemandian air panas Cangar ini berada di kompleks Tahura R. Soerjo. Ada beberapa kolam air panas dengan tingkat panas yang berbeda, mulai dari hangat, sedikit panas, dan panas. Sumber air panasnya berasal dari Gunung Welirang dan airnya mengandung belerang. Di tempat ini, selain berendam air panas, jangan lupa untuk mencicipi tape beras ketan hitam yang merupakan kuliner khas Batu. Untuk mencapai pemandian air panas Cangar ini, Anda harus menggunakan kendaraan pribadi atau menyewa kendaraan karena tidak ada kendaraan umum yang lewat ke sana. Sepanjang perjalanan menuju Cangar, mata Anda akan disuguhi pemandangan alam berupa pegunungan yang hijau, pertanian, serta kebun sayur dan buah-buahan.

7. Candi Umbul

Pemandian air hangat Candi Umbul

Pemandian Air Hangat Candi Umbul

      Pemandian air panas Candi Umbul terletak di Grabag, Magelang, Jawa Tengah. Konon, pemandian air hangat ini dulunya adalah pemandian bagi para permaisuri raja mataram. Di pemandian ini, sambil berendam Anda dapat menikmati pemandangan situs Candi Umbul. Di sini terdapat dua buah kolam berukuran besar yang berdampingan, satu merupakan air hangat dan satu lagi air dingin. Suhu dari sumber airnya memang tidak terlalu panas dan juga tidak berbau belerang. Banyak orang yang datang ke pemandian Candi Umbul ini bukan hanya untuk terapi kesehatan, namun juga untuk berziarah. Untuk menuju pemandian air panas Candi Umbul, sebaiknya Anda menggunakan kendaraan pribadi karena satu-satunya transportasi umum hanyalah ojek.

8. Tiris

Pemandian air panas Tiris

Pemandian Air Panas Tiris

      Salah satu pemandian air panas di Pulau Jawa ini terletak di Tiris, Probolinggo, Jawa Timur. Lokasinya berada dekat dengan Danau Segaran. Kondisi di pemandian air panas Tiris ini masih sangat alami. Sumber air panas ini konon masih berhubungan langsung dengan aktivitas Gunung Bromo. Di lokasi ini ada beberapa sumber air panas. Sumber air panasnya berdampingan dengan aliran Sungai Tiris. Di hulu sungai ada dua sumber air panas dan di hilirnya pun ada. Suhu air di pemandian ini dapat mencapai hingga 40 derajat Celcius. Sambil berendam air panas, pengunjung dapat menikmati pemandangan alam pegunungan.

9. Cisolok

Air panas Cisolok

Air Panas Cisolok

      Pemandian air panas Cisolok berada di daerah Sukabumi, Jawa Barat, sekitar 10 km dari Pantai Pelabuhan Ratu. Wisata air panas ini memiliki keunikan di mana sumber air panasnya menyembur dari bebatuan. Ada tiga titik sumber air panas yang suhu airnya mencapai 80 derajat Celcius. Tentu saja pengunjung dilarang mendekati sumber air panas tersebut karena dapat membahayakan. Pengunjung hanya diperbolehkan berendam di aliran sungai. Air panas di Cisolok ini juga sama sekali tidak mengandung belerang karena panasnya berasal dari geyser. Disarankan untuk mengunjungi pemandian air panas Cisolok ini pada awal musim kemarau karena air sungainya terkadang menjadi keruh di musim penghujan.

10. Gonoharjo

Air panas Gonoharjo

Air Panas Gonoharjo

      Sumber air panas Gonoharjo berada di Desa Gonoharjo, Kecamatan Limbangan, Kabupaten Kendal, di lereng Gunung Ungaran. Di lokasi yang sama juga terdapat air terjun Gonoharjo. Penduduk setempat sering menyebut wisata air panas dan air terjun Gonoharjo ini dengan sebutan “nglimut”. Air terjunnya ini berada tidak jauh dari sumber air panas. Obyek wisata air panas Gonoharjo juga dilengkapi dengan pemandian air dingin, kebun binatang mini, kolam pemancingan, taman bunga, dan tempat outbound. Di sini Anda juga akan disuguhi dengan pemandangan alam yang indah.

Komentar