Wisata Pantai Kota Khatulistiwa yang Sayang Untuk Dilewatkan

Wisata Pantai Kota Khatulistiwa Yang Sayang Untuk Dilewatkan

     Wilayah yang tidak asing lagi di Indonesia dengan luas wilayah 147.307,00 km2 yaitu salah satu kota di Kalimantan yang mendapat julukan Kota Khatulistiwa, Pontianak - Kaliamantan Barat. Dengan luas wilayah yang lumayan luas, Kalimantan Barat menyimpan banyak tempat wisata unik dan beragam. Bahkan diantaranya terkenal hingga Luar Negeri. Tak heran jika banyak pengunjunug asing yang datang ke sini. Mulai dari tempat wisata religi, budaya, alam, keluarga dan berbagai macam wisata tersedia di Kota Seribu Parit ini (Julukan lain untuk  Kota Pontianak).

      Selain terkenal dengan wisata bahari dan wisata kulinernya yang sering disebut pasar Hongkong, Kalimantan Barat juga terkenal dengan objek wisata alamnya. Salah satu tempat wisata yang banyak diminati orang asing atau bahkan pengunujung dari kota lain yaitu Pantainya. Karena wisata pantai di wilayah ini sangat menawan dan indah untuk dinikmati.

      Berikut Pantai – Pantai Wisata Andalan Kota Pontianak, Kalimantan Barat :

  1. Pantai Pasir Panjang

Pantai Pasir Panjang

 

 

 

 

 

 

 

 

 

      Objek wisata pantai dengan pasir putih dan panjang yang membentang sekitar 3 km ini terletak di Kecamatan Tujuh Belas, Kota Singkawang, Kalimantan Barat. Tempat wisata kebanggaan Kota Amoy yang sudah dari dulu terkenal yaitu Taman Pasir Panjang Indah. Di kawasan temapat wisata unuk nan indah ini terdapat pusat inforamsi pariwisata, diskotik, persewaan speed boat, sepeda air, darmoling, gokart, shelter-shelter, pondok wisata, dan toko souvenir.

Tersedia juga kolam renang bagi pengunjung yang tidak terbiasa berenang di pantai, dan bagi yang tidak suka berenagng ataupun berjemur bisa mengelilingi pantai menggunkan banana boat. Selain itu juga tersedia arena bermain anak-anak, bagi penhunjuung yang membawa anak-anak. Terdapat banyak pilihan penginapan juga di kawasan pantai wisata dengan pasir putih yang cantik dan ombak yang tenang ini. Tidak heran jika pengununjungnya bisa mencapai 5.000 orang/hari.

Hanya dibutuhkan 20 menit (17km) berkendara dari pusat Kota Singkawang  kearah Kota Pontianak. Untuk hari normal tiket masuk kawasan Taman Pasir panjang Rp. 10.000/org, sedangkan hari libur/lebaran/tahun baru biaya tiketnya Rp. 20.000/org.

  1. Pantai Kijing

 

 

 

 

 

 

 

 

      Siapa sangka Kalimantan Barat yang mempunyai objek wisata primadona yang terletak di Desa Sungai Kunyit, Kecamatan Sungai Kunyit, Kabupaten Pontianak, Pantai Kijing. Pantai dengan banyak panorama objek wisata cantik ini memiliki keindahan yang menawan unutk dikunjungi. Slaah satunya yaitu terlihat hamparan pasir putih dan rindangnya pohon kelapa di sepanjang kawasan wisata pantai ini. Selain itu juga terdapat bukit yang menghadap ke pantai yang dihiasai  dengan pepohonan kelapa yang sejuk.

      Di kawsan wisata ini, Anda bisa menikmati tempat hidupnya hutan mangrove dengan berbagai jenis biota laut seperti kepiting, kerang dan sebagainya. Juga terdapat lapangan gestrek, yang menjadi andalan objek wisata Pantai Kijing.

      Tidaklah sulit unutk mengakses Pantai Kijing ini, hanya diperlukan 3 jam(70km) dari Kota Pontianak dan 15 km dari Mempawah arah ke kota Singkawang. Anda bisa menggunkan kendaraan roda empat maupun roda dua. Pantai pun sudah terlihat dari jalan raya.

  1. Pantai Tanjung Beladang

Pantai Tanjung Beladang

 

 

 

 

 

 

 

      Kawasan wisata yang terletak di Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat salah satunya yaitu Pantai Tanjung Belandang. Pantai  ini merupakan pantai yang mungkin kurang beruntung di Kalimnatan barat ini, bagaimana tidak, pantai yang merupakan objek wisata ini menjadi kebanggaan masyarakat Ketapang dan menjadi salah satu pendapatan Asli Daerah (PAD), namun sayangnya kondisi pantai ini semakin kritis sebab abrasi gelombang laut dengan minimal rata-ratanya per tahun yaitu 0,5-1 M bibir Pantai Tanjung Belandang terkikis/ terserek ke permukaan laut.

      Dengan letak yang tidak jauh dari ibu kota Kabupaten Ketapang (20 km), Anda bisa menikmati indahnya Pantai Tanjung Beladang.

4. Pantai Batu Payung

Pantai Batu Payung

 

 

 

 

 

 

 

 

 

      Tidak hanya di Lombok, Kalimantan Barat pun punya objek wisata unik yaitu wisata Pantai Batu Payung atau Mimi Land. Anda bisa menikmati panorama khas Kalimanatan Barat ini dengan keluarga, karena fasilitas dari Pantai ini meliputi, taman bermain yang cocok unutk Anda yang membawa anak-anak, fishing area, hotel, penyewaan perahu, juga restoran dan café. Pemandangan dari Pantai Batu Payung ini tak kalah menawan dadn indah unutk dinikmati.

      Wisata andalan Kalimantan Barat ini terletak di Desa Karimunting,  Kecamatan Sungai Raya Kepulauan, Kabupaten Bengkayang, sebelum Singkawang, atau sekitar 130 km dari Pontianak dan 15 km dari Kota Singkawang, Kalimantan Barat.

  1. Pantai Gosong

Pantai Gosong

 

 

 

 

 

 

 

 

      Dinamkan pantai gosong , konon katanya kawasan ini pernah terbakar habis dan menyisakan hutan yang menjadi arang.  Objek wisata lokal Kalimantan Barat ini, tepatnya terletak di Kecamatan Sungai Raya Kepulauan, Kabupaten Bengkayang. Dengan letak yang dekat muara sungai, Menjadikan Pantai gosong sangat keruh dan berwarna abu pekat karena air lautnya bercampur dengan lumpur.

      Oleh sebab itulah pantai ini jarang disambangi wisatawan. Namun bagi Anda yang ingin merasakan keindahan dan ketengan dari pantai ini silahkan berkunjug.

     Selain airnya yang berlumur, pantai ini juga terkenal pantai yang angker. Beberpa kejadian aneh dan mistis pernah terjadi di sini. Berada di lingkungan yang masih khas pedesan nelayan, membuat suasana pantai ini agak mencekam pada saat-saat tertentu. Apalagi didukung dengan adanya dua kompleks pemakaman, yaitu pemakaman muslim dan tionghoa.

Komentar