Jika Batu di Goa Ini Dipukul Maka Akan Keluar Suara yang Khas

Jika Batu Di Goa Ini Dipukul Maka Akan Keluar Suara Yang Khas

     Wisata di goa merupakan wisata yang cukup membuat diri kita akan terpesona dengan Ciptaannya Allah S.W.T , disana kita dapat melihat stalaktit dan stalakmit yang berusia ribuan tahun. Berikut akan kami jelaskan tempat wisata goa yang jika batu di goa ini dipukul maka akan keluar suara yang khas.

Goa Gong Pacitan

     Goa Gong merupakan salah satu goa yang terindah dan populer yang ada di Pacitan. Panaroma keindahan dari Goa Gong ini diantara lain yaitu stalaktit dan stalagmit yang bisa anda jumpai sat menyusuri goa tersebut. Secara geografis kota Pacitan ini terletak di wilayah barat daya Jawa Timur. Lingkungan ada yang ada di Pacitan ini rata rata terdiri dari Pegunungan kapur yang sulit untuk dijadikan sebagai lahan pertanian dikarenakan tanah yang ada dikota ini tergolong gersang. Oleh sebab itu dngan ketinggian tanah yang yang dimiliki Pacita ini justru lebih membuka potensi alam salh satunya yaitu Goa Gong.

     Goa Gong lokasinya berada di Dusun Pule, Desa Bomo, Kecamatan Punung dan berjarak 37km dari barat Pusat Kota Pacitan. Goa Gong ini dikelilingi  oleh pegunungan yang non aktif, gunung gunung itu adalah gunungManyar, gunung KarangPulut, gunung Grugah dan gunung Gede.

     Kedalaman Goa Gong ini yaitu 256m, sedangkan stalaktit dan stalakmit yang ada disini sudah memiliki umur ratusan tahun. Goa ini terbentuk akibat dari aktivitas vulkanik dan gerakan temik yang sudah berlangsung selama ratusan hingga ribuan tahun lalu.

     Berdasarkan masyarakat setempat goa ini disebut goa gong dikarenakan goa ini kerap mengluarkan suara gema tabuhan seperti gong dan gong itu adalah salah satu alat tabuh kesenian gamelan Jawa. Suara gong ini berasal dari tetesan air dari salam goa yang menimpa batu stalaktit atau stalagmit goa tersebut. Bunyi yang dihasilkan begitu harmonis dan indah.

Goa Tabuhan

     Goa Tbuhan ini berada sekitar 30km dari koa Pacitan dan goa ini tidak terlalu jauh dari Goa Gong dan ga ini hanya memiliki 2 ruangan besar. Goa ini mulai dikunjungi banyak orang pada tahun 1998, dulu nama goa ini yaitu Goa Tapan dikarenakan seringnya orang bertapa di goa ini. Seiring berjalannya waktu goa ini menjadi terkenal dengan sebutan goa tabuhan karena warga setempat sering melakukan kegiatan kesenian dengan memukul stalaktit di dalam goa ini hingga mengeluarkan suara khas seperti gamelan.

     Goa ini berada di bukit kapur Tapan dengan pembentukan stalagtit dan stalagmit yang diyakini telah berlangsung selama ratusan tahun yang lalu karena adanya reaksi kimia antara hujan dan mineral kapur. Goa ini tepatnya terletak berada di Dukuh Tabuhan Desa Wareng Kecamatan Punung, sekitar 25 km arah barat kota Pacitan. Dengan panjang rata rata 7 meter dan lebar hingga 1 meter stalagtit dan stalagmit di goa ini tampak menyerupai pilar pilar raksasa yang sangat menakjubkan.

Goa Pindul

     Lokasi Goa Pindul ini berada di Dusun Gelaran 1, Desa Bejiharjo, Kec. Karangmojo, Kab. Gunung Kidul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Goa ini diperkenalkan pada penghujung akhir tahun 2010. Dinamakan sebagai goa Pindul karena dulu ada kisah seorang pumuda yang bernama Joko Singlulung yang mencari bapaknya yang hilang dengan menulusuri banyak hutan dan goa.tiba tiba pemuda ini kepalannya terbentur salah satu batu yang ada di goa ini, oleh karena itu goa ini disebut sebagai goa pindul yang dalam bahasa Jawa singkatan dari Pipi Kejendul yang memiliki arti pipi terbentur.

     Goa ini miliki keindahan keindahan yang unuik dengan banyaknya kilauan stalagtit dan stalagmit yang berada di goa ini. Stalagtit dan stalagmit di goa ini berusai ratusan tahun dan memiliki warna putih kristal yang berada di berbagai sudut goa, sngat eksotis bukan ? Di dalam goa ini dad stalagtit gong, bilaman mana stalagtit ini dipukul maka akan menghasilkan suara mirip gong yang suaranya membahana terpantul pada dinding goa. Di dalam goa ini terdapat sebuah ruangan yang cukup besar dengan lubang diatasnya berada di tengah goa tersebut, sehingga sinar matahari dapat masuk melalui lubang ini dengan begitu suasana disini menjadi lebih eksotis.

     Anda juga bisa menyusuri sungai yang berada di goa ini sepanjang 300m menuju perut goa dengan menggunakan ban mobil sebagai pelampung. kegiatan ini bernama cave tebing kegiatan ini umumnya berlangsung selama 45-60 menit. Anak anak juga dapat melkukan kegiatan ini dikarenkan aliran di sungai ini cukup tenang. Saat menyusuri goa ini anda akan disuguhkan dengan beberapa lukisan alami yang tercipta dari kelelawar penghuni goa.

 

Komentar