Wisata Papua yang Mendunia dan Tereksotis

Wisata Papua Yang Mendunia Dan Tereksotis

1.       Wisata Raja Ampat

Wisata Raja Ampat Papua adalah wisata yang sudah mendunia. Wisata Raja Ampat wisata perjanan yang yang paling menarik karena disana nanti kita akan disuguhkan berbagai panorama bwah laut yang menawan. Wisata Raja Ampat adalah sebagai julukan Amazon Laut Dunia karena Laut Raja Ampat berada di pusat salatiga karang dunia. Wisata Raja Ampat ini termasuk Papua  Barat yang terdirii dari dari 610 pulau, aka tetapi baru 35 pulau yang masih ditempati penduduk tapi kemungkinan besar jika seluruh wisata-wisata di tanah Papua seperti wisata Raja Ampat maka pulau tersebut akan dipenuhi penduduk.

Wisata Perairan Raja Ampat terkenal di dunia sebagai spesies ikan yang paling lengkap di dunia, sehingga wisata Raja Ampat dilindunugi oleh Undang-Undang RI. Wisata Raja Ampat menawarkan wisata yang menawan bawah laut yaitu kegiatan diving/menyelam. Karang-karang di dasar laut Raja Ampat masih bisa dibilang alami karena Laut disana benar-benar di lindungi  oleh Undang-undang. Masalah spesies ikan hampir 75% ada di laut tersebut. Kegiatan diving ini bisanya dilakukan di pulau Wayang Raja Ampat, paling sedikit terdapat 1 500 spesies ikan, 537 spesies koral, 699 hewan tak bertulang belakang, yang dapat kita temukan di tempat tersebut.  Untuk diving sendiri kita gak langsung dilepas begitu saja tapi kita masih mendapatkan panduan dari ahlinya.

Jika kita menginkan diving jangan kaget dengan terumbu karang dibawah laut yang masih alami dan tak tercemar dan jenis-jenis ikan yang ada di sekitarnay. Terumbu karang yang hidup menjadi sumber kehidupan bagi ikan dan satwa laut lainnya. Ekosistem yang masih alami ini sehingga mendapatkan julukan Laut Amazon Dunia. Sebagian orang menyebut Wisata Raja Ampat sebagai surga tersembunyi yang berada di dunia.

Kalau di Indonesia yang bisa menandingi Wisata Raja Ampat hanyalah Pulau Weh yang ada di Sabang Aceh. Unikya kedua tempat ini adalah kegiatan  diving-divingnya yang sangat menarik di Dunia.

Mungkin karena hanya karena faktor biaya yang membuat wisatawan domestik jarang mengunjungi kedua tempat ini khususnya Pulau Raja Ampat ini. Rata-rata pengunjung wisata Raja Ampat adalah wisatawan asing/turis karena wisatawan asing menang dibidang tersebut. Wisatawan asing mempunyai penghasilan lebih tinggi dari pada warga Indonesia, kondisi keunangan yang lebih baik tersebut yang dapat menikmati segala fasilitas yang ada di pulau Raja Ampat ini.

Saran dari kita jika kita mau wisata lebih baik di tanah Papua ini karena banyak sekali tempat wisata yang menarik ditanah Papua ini dan jangan lupa mengunjungi wisata Raja Ampat yang pastinya tidak akan kecewa jika menyemppatkan diri mengunjungi wisata tersebut.

Untuk akses menuju lokasi ini ada banyak jalur, yaitu Udara, darat dan Laut

Pesawat terbang : dari kota Jakarta, Kota Surabaya, Denpasar,Kota Ujung Padang Makasar, kota Jaya Pura kemudian yang bertujuan ke Biak, setelah itu dilanjutkan ke Manukwari

Kapal Laut : dari Kota Jakarta, Kota Surabaya, Kota Ujung Padang Makasar, serta Jayapura kemudian dilanjutkan menuju Manukwari.

2.       Teluk Cenderawasih

Teluk Cendrawasih merupakan Taman Nasional Laut yang berada di Papua dan merupakan perwakilan perwakilan ekosistem terumbu karang, mangrove dan hutan daratan tropika. Teluk Cendrawasih juga merupakan perairan laut terluas di iNdonesia terdiri daratan dan pesisir pantai, perairan dan pulau-pulau, terumbu karang, dan perairan lautan. Potensi karang Taman Nasional Teluk Cendrawasih tercatat 150 jenis dari 15 famili, dan  tersebar di 18 pulau besar dan kecil. Di Teluk Cendrawasih terdapat goa alam yang merupakan peninggalan jaman purba, sumber air panas yang mengandung belerang tanpa kadar garam di pulau Missowaar, goa dalam air dengan kedalaman 100 kaki di Tanjung Mangguar. Dan masih banyak lagi peninggalan sejarah yang mengandung nilai tinggi.

Jika kita mengunjungi teluk cendrawasih akan banyak dikejutkan oleh terumbu karang yang beraneka ragam mulai dari koloni karang biru, karang hitam, dan masih banyak lainnya yang tidak bisa disebutkan satu persatu. Kita juga akan dikejutkan jugha dengan berbagai macam ikan jika kita akan mengunjungi tempat tersebut, seperti : Butterfly fish, star fish, damsel fish, angel fish, parrot fish, rabbit fish, serta anemone fish. Selain itu di teluk Cendarawasih masih ada juga kejutan yang menarik yaitu kita akan dikejutkan dengan Hiu Raksaasa Jinak, kenapa dikatakan jinak karena Hiu ini tidak makan manusia. Hiu ini dinamakan Hiu Paus atau disebut juga dengan Whale Shark, Hiu ini panjangnya 14 meter tetapi makanannya biasanya ikan teri, dan gerakkannya gak gesit seperti layaknya hiu-hiu umumnya.

 

Tidak hanya  ikan Hiu ini aja kawan, kita di Teluk Cendrawasih juga akan ditemukan dengan Ukurang raksasa lainnya, mulai dari Ikan Paus Biru, Ikan Duyung, Ketam Kelapa, Ikan lumba-lumba serta ikan Hiu. Ikan-ikan tersebut sering memperlihatkan diri dikawasan perairan Teluk Cendrawasih, semua ikan ini tidak pindak (migrasi) ke samudra autralia atau samudra atlantik seperti hal ikan lainnya,maka kita gak usah khawatir.

Di tempat ini masih banyak lagi fauna yang menarik seperti halnya Binatang darat, kalau kura-kura dan penyu udah pasti ada di Teluk Cendrawasih ini.

Untuk akses menuju lokasi ini ada banyak jalur, yaitu Udara, darat dan Laut

Pesawat terbang : dari kota Jakarta, Kota Surabaya, Denpasar,Kota Ujung Padang Makasr, kota Jaya Pura kemudian yang bertujuan ke Biak, setelah itu dilanjutkan ke Manukwari atau Nabire.

Kapal Laut : dari Kota Jakarta, Kota Surabaya, Kota Ujung Padang Makasar, serta Jayapura kemudian dilanjutkan menuju Manukwari ataupun Nabire.

  • 13 September 2016

hahquqjs

  • 01 June 2017

bababba

Komentar