Barang-Barang Penting Saat Naik Gunung

Barang-Barang Penting Saat Naik Gunung

Kegiatan mendaki gunung menjadi salah satu aktivitas seru dan menyenangkan untuk orang-orang yang punya jiwa petualang. Selain untuk menikmati keindahan alam yang alami, kegiatan ini juga dapat melatih fisik. Maka dari dari itu untuk melakukan kegiatan naik gunung diperlukan persiapan yang matang, baik dari segi jasmani dan rohani serta perlengkapan yang tidak boleh dilupakan.

Pada saat naik gunung Anda dapat belajar bagaiamana cara untuk bertahan hidup di alam bebas, dan dibutuhkan perlengkapan yang lengkap untuk menjalani kehidupan Anda disana. Berikut ini berbagai barang yang wajib Anda bawa pada saat naik gunung :

 

Tenda

Ketika Anda hendak pergi naik gunung, barang ini jangan sampai lupa. Karena dengan tenda ini Anda bisa tidur dan beristirahat selama berada di gunung. Akan lebih baik memakai tenda yang ada ventilasinya supaya udara tidak banyak melembab di dalam tenda. Juga dengan tenda yang bisa menampung satu kelompok pendaki gunung dan jangan sampai lebih ataupun kurang. Juga matras dan sleeping bag jangan sampai lupa.

 

Pakaian Hangat

Pakaian hangat ini sangat wajib bagi Anda jika berada di gunung, karena udara di pegunungan sangat dingin. Dengan mambawa pakaian hangat seperti jaket, sweater, dan sejenisnya lebih dari satu, itu membuat Anda lebih nyaman. Sebaiknya Anda membawa jaket gunung yang khusus untuk para pendaki, dengan ini tubuh Anda akan terasa hangat selalu.

 

Alas Kaki

Mengingat jalanan di pendakian yang naik dan turun, serta melewati bebatuan, tanah, dan lumpur, Anda harus memakai alas kaki. Barang ini menentukan kenyemanan Anda saat mendaki gunung. Lebih baik memakai alas kaki yang nyaman di kaki. Banyak dari para pendaki yang memakai sepatu atau sandal gunung. Pilih alas kaki yang ukurannya pas di kaki Anda, ini untuk menghindari resiko lecet.

 

P3K

Untuk menghindari sesuatu yang tidak kita inginkan, sebaiknya Anda membawa kotak P3K yang berisi obat merah, perban, plester luka, dan lain-lain. Karena kita tidak bisa memprediksi apa yang akan terjadi saat perjalanan naik gunung nanti.

 

Ransel Gunung

Gunakanlah tas yang cocok bagi para pendaki yaitu ransel gunung atau carrier. Dengan tas ini perlengkapan yang banyak pasti dapat menampung semuanya. Tas ini memang di desain khusus untuk para pendaki gunung dengan adanya sirkulasi udara yang membuat punggung tetap nyaman saat mendaki gunung.

 

Perlengkapan Masak

Untuk masalah memasak jangan khawatir, Anda dapat memasak dengan mambawa kompor paraffin atau kompor gas. Gasnya tersebut bukan gas 3 kiloan itu, tapi Anda memakai gas yang kecil. Dengan begiru Anda dapat membuat mie instant, minuman hangat, kopi, susu dan sebagainya.

 

Masih banyak lagi perlengkapan yang bisa Anda bawa seperti tali, senter, jas hujan, botol air, dan lain-lain. Bawalah barang-barang yang berguna saat mendaki gunung, sehingga disana Anda tidak kekurangan apapun.

 

Komentar