Wisata Kebanggaan di “Kota Cantik” Indonesia

Wisata Kebanggaan Di “Kota Cantik” Indonesia

Dari berbagai kota di Indonesia, hanya Kota Kalimantan Tengah lah yang mendapat julukan Kota Cantik yaitu Palangkaraya. Dengan berbagai suku, budaya dan keragaman alam yangan sangat kaya, sangat tidak baik jika kita tidak mengeksplorasi lebih dalam akan kekayaan budaya dan alam sebagai bukti cinta kita kepada Indonesia.

Ragam wisata di Kalimantan Tengah ini banyak di temui berupa flora dan fauna yang mempunyai daya tarik tersendiri bagi wisatawan baik dalam maupun luar negeri.

Berikut primadona wisata di Kota Cantik yang bisa Anda kunjungi :

1. Jembatan Kahayan

Jembatan Kahayan

 

 

 

 

 

 

 

Kota yang berada disebelah aliran Sungai Kahayan ini mempunyai sebuah jembatan yang diberi nama Jembatan Kahayan, yang menjadi landmark dan menyimpan misteri tersendiri. Kemesteriusan Jembatan Kahayan dan Sungai Kahayan bahkan diangkat dalam sebuah program jalan-jalan misteri. Bagi Anda yang suka dengan hal-hal mistis, Jembatan Kahayan sangat cocok unutk dikunjungi.

2. Danau Tahai

Danau Tahai

 

 

 

 

 

 

 

Danau yang bersal dari air gambut ini sangat unik. Air danau ini berwarna merah agak hitam seperti air teh bukan karena tercemar, justru karena air danau ini masih sangat jernih. Tanaman gambut banyak di temuai di kawsan danau yang terletak di Palangkaraya ini.

Keistimewaan dari danau ini yaitu tersedia jembatan dari kayu yang berguna unutk menlintasi tengah danau sehingga pengunjung dapat menikmati keindahan danau tanpa harus khawatir terkena air gambut tersebut.

Di dekat Danau Tahai terdapat perkampungan penduduk dengan rumah yang terapung atau disebut dengan rumah lanting. Hanya dengan jarak 30 km dari Palangkaraya Anda bisa menikamti keunikan dan ketenangan danau air gambut ini.

 

3. Rumah Adat Bateng

Rumah Adat Bateng

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Rumah tradisional sebagai tempat bertinggalnya para Suku Dayak secara berkelompok. Rumah Adat Betang memiliki ukuran yang besar, dengan panjang mencapai 30-150 meter dan lebarnya sekitar 10-30 meter. Dibangun dengan bahan kayu yang berkualitas tinggi, yaitu Kayu Ulin (Eusideroxylon zwageri T et B), sangat memungkinkan bisa berdiri sampai ratusan tahun dan juga nati rayap.

 

 

4. Taman Nasiaonal Tanjung Putting

 

 

 

 

 

 

 

Taman yang terletak di Semenanjung Barat Daya Provinsi Kalimantan Tengah ini awalnya yaitu cagar alam dan suaka margasatwa. Namun, seiring dengan kebutuhan dan kepentingan bersama Pada tanggal 25 Oktober 1996, Tanjung Puting ditunjuk sebagai Taman Nasional dengan luas selutuhnya 415.040 ha.

Objek wisata yang di Tanjung Piting sangatlah banyak dan beragam, salah satu yang terkenal di sini yaitu sebagai cagar biosfir yang telah ditetapkan oleh UNESCO dan tempat rehabilitasi orang utan. Anda bisa juga menikmati alam dan melihat hewan endemic seperti orang utan dan satwa liar lainnya yang dilindungi di taman nasional ini.

 

5. Arboretum Nyaru Menteng

 

 

 

 

 

 

 

 

Sebuah tempat wisata di kawasan Kalimantan Tengah, Desa Tumbang Tahai, Bukit Batu, Palangkaraya ini memang tidak sepopuler Taman Nasional Tanjung Putting. Meskipuan bertujuan sama yaitu tempat rehabilitasi dan reintroduksi (pelepasan dan adaptasi dengan alam air) bagi orang utan untuk penyelamatan dan pelestarian orang utan. Kebanyakan orang hutan yang tinggal di sini yaitu milik Yayasan BOS ( Borneo Orang Utan Survival). Orang utan yang menguni Nyaru Menteng di dominasi bayi orang utan yang kehilangan induknya karena dibunuh atau sebab lainnya. Bahkan orang utan yang pernah ditangkap manusia juga dilatih dan dirawat dengan baik disini sebelum dilepas kembali ke alam liar.

Sungguh sangat disayangkan apabila spesies yang hanya satu-satunya di dunia ini punah karena permabahan hutan dan pembukaan ladang sawit. Dengan mengunjungi Arboterum Nyaru Menteng, Anda bisa melihat langsung konservasi penangkaran orang utan yang merupakan hewan asli Indonesia.

Komentar