7 Tempat Wisata di Kabupaten Wonogiri yang Indah

7 Tempat Wisata Di Kabupaten Wonogiri Yang Indah

12 Tempat Wisata di Kabupaten Wonogiri yang Indah, Tempat Wisata Terindah - Kabupaten Wonogiri merupakan salah satu kabupaten yang berada di Jawa Tengah dan masuk dalam eks karesidenan Surakarta. Lokasi Kabupaten Wonogiri adalah di sebelah selatan dari Kota Solo. Kabupaten Wonogiri berbatasan dengan Kabupaten Karanganyar dan Sukoharjo di sebelah utara, bagian selatan berbatasan langsung dengan Samudera Indonesia, sebelah timur berbatasan dengan Kabupaten Ponorogo, Pacitan dan Magetan Jawa Timur serta bagian barat berbatasan dengan Kabupaten Gunung Kidul Yoyakarta. Wilayah selatan Wonogiri yang berbatasan dengan Laut selatan menyebabkan Kabupaten Wonogiri memiliki beberapa obyek wisata pantai yang cukup indah. Namun karena kurangnya penataan dan promosi dari pemeritah menyebabkan tempat wisata pantai di Wonogiri kurang begitu ramai dikunjungi. Berikut adalah 12 Tempat Wisata di Kabupaten Wonogiri yang Indah selengkapnya :

1. Waduk Gajah Mungkur Wonogiri

Bicara tentang wisata di Wonogiri rasanya tak lengkap kalau tidak membahas Waduk Gajah Mungkur. Tempat Wisata Waduk Gajah Mungkur telah menjadi salah satu ikon wisata di Wonogiri. Waduk Gajah Mungkur letaknya hanya berjarak sekitar 3 km dari Kota Wonogiri. Waduk ini merupakan waduk buatan yang dibangun untuk tujuan pertanian. Waduk Gajah Mungkur mulai dibangun pada tahun 1970 dan selesai pada tahun 1978. Waduk Gajah Mungkur memiliki luas sekitar 8800 ha dan dapat mengairi ribuan hektar sawah di Kabupaten sukoharjo, Sragen, Karanganyar dan Klaten. Saat ini di okasi Waduk Gajah Mungkur dijadikan sebagai tempat wisata yang ramai dikunjungi oleh berbagai wisatawan dari berbagai daerah. Wisatawan dapat menikmati panorama waduk yang indah serta menikmati berbagai hasil ikan dari waduk yang sangat lezat.

2. Pantai Nampu

Tempat Wisata Pantai Nampu di Kabupaten Wonogiri ini memiliki pemandangan pasir putih dan batu karang yang sangat indah. Pantai ini bisa dibilang masih asri dan belum banyak terjamah manusia. Udara pantai yang segar dan bersih menjadi daya tarik tersendiri. Pantai Nampu ini berada di Kecamatan paranggupito Wonogiri, untuk mencapainya dapat dilakukan dengan naik bis umum dari Kota Solo ke arah Kecamatan paranggupito. Tiket masuk sangat murah yaitu hanya sebesar 2000 rupiah.
 

3. Pantai Banyutowo

 

Tempat wisata pantai di Wonogiri yang satu ini juga terdapat di Kecamatan Paranggupito. Tepatnya Pantai Banyutowo terdapat di Gudangharjo kecamatan Paranggupito Wonogiri. Nama pantai ini "Banyutowo" memiliki arti air tawar. Berarti di pantai ini terdapat air tawar yang berasal dari sejumlah sungai di sekitarnya. Di pantai ini juga terdapat pemandangan berupa batu karang yang indah sehingga sangat sayang untuk dilewatkan.

 

4. Pantai Sembukan

Selain Pantai Nampu dan Banyutowo teryata di Kecamatan Paranggupito juga ada pantai lainnya yaitu Pantai Sembukan. Pantai ini selain memiliki pemandangan yang indah juga dijadikan sebagai tempat bermeditasi dan ngalap berkah bagi penduduk sekitar pantai. Pada waktu tertentu di lokasi Pantai Sembukan ini diadakan acara larung dan wayangan sebagai wujud rasa syukur kepada Sang Pencipta. Selain untuk tempat wisata, di Pantai Sembukan juga dijadikan lokasi memancing yang tentunya mengasyikkan.
 

5. Air Terjun Setren

Kalau di Kabupaten Karanganyar memiliki Air Terjun Tawangmangu, di Wonogiri juga memiliki tempat wisata berupa air terjun yaitu Air Terjun Setren. Air Terjun Setren terdapat di Desa Setren Kecamatan Slogohimo Wonogiri. Letak air terjun ini sekitar 30 km arah timur dari Kota Wonogiri. Setiap hari lokasi wisata ini ramai dikunjungi oleh para wisatawan yang biasanya oleh pasangan muda-mudi serta para pecinta alam.


 

6. Arena Papan Luncur Olahraga Gantole

Gantole dan paralayang merupakan salah satu olahraga yang cukup menantang sehingga diperlukan nyali yang tinggi. Di Kabupaten Wonogiri juga terdapat tempat khusus yang dapat digunakan untuk olahraga gantole ini. Tempat ini berada di bukit Desa Sendang. Arena papan luncur ini sudah biasa digunakan oleh atlet gantole dan paralayang tingkat jawa Tengah. Ada 2 tingkat ketinggian, yaitu 200 meter dan 400 meter. Bagi anda yang ingin mencoba olahraga ini dapat langsung datang ke Wonogiri.
 

7. Wisata Spiritual Kahyangan

Wisata Spiritual ini biasanya digunakan oleh warga masyarakat untuk nenepi dan tirakat. Dalam adat Jawa tirakat ini biasanya untuk meraih suatu tujuan. Wisata Spiritual Kahyangan terdapat di Kecamatan Tirtomoyo wonogiri. Menurut warga sekitar, kahyangan merupakan tempat dimana pendiri kerajaan Mataram Sutowijoyo melakukan tirakat. Dalam tirakatnya ini Sutowijoyo dapat berkomunikasi dengan Ratu Kidul dan melakukan perjajian untuk membangun Kerajaan Mataram. Dalam sejarah memang Kerajaan Mataram ini akhirnya dapat menguasai tanah Jawa dan menjadi salah satu kerajaan yang disegani di nusantara.

Komentar